InformatikaKegiatan Papua Code

Ngobrol Santai Seputar Informatika!

Dunia Informatika sangat keren terdengarnya dan menjadi pujian banyak orang terhadap mereka yang memasuki atau bergelut di bidang Informatika tersebut. Tetapi rasa itu tidak kebanyakan dimiliki oleh orang-orang Informatika itu sendiri terutama yang masih / baru memasuki dunia Informatika di bangku perkuliahan.

Oleh karena itu pertemuan pada teman-teman angkatan 2018 Informatika UNIPA (ditulis teman, biar terdengar seumuran. hehe) membahas seputar Informatika dan yang penasaran atas apa yang telah disampaikan, bisa dibaca artikel ini.

Gambar diatas bisa kita ilustrasikan sebagai mahasiswa teknik Informatika yang memasuki perkuliahan dan diproses lalu keluar dengan meraih gelar S.T, S.T yah bukan ES TEH.

Process inilah yang berperan penting dalam menentukan outputnya, bisa kita lihat artikel yang banyak beredar adalah permasalahan dimana seorang lulusan IT sedikit menguasai bidang yang ditekuninya, seperti artikel-artikel berikut ini :

Kita kembali ke proses, pada bagian itu banyak sekali yang akan didapatkan di kampus seperti Jaringan, basis data, programming yang merupakan point penting dalam dunia perkuliahan Informatika. Kemudian bagaimana dengan pelajaran seperti designer, multimedia, rakit / service pc/laptop, office ? Kalau ini yang dipikirkan untuk masuk kuliah informatika agar bisa lulus dengan menguasai bidang tersebut tidak lah mengapa. Namun, sangat-sangat disayangkan bila hanya itu yang menjadi tujuanmu.

Mahasiswa yang memilih untuk memasuki Informatika bisa dibilang mahasiswa yang nekat, pemberani, juga penyabar (semoga bukan hoax). Karena teknologi yang terus berkembang dan mahasiswa IT secara tidak langsung dituntut untuk mengikutinya jika tidak, maka akan tertinggal dan tidak mampu untuk bersaing. Kemajuan teknologi yang begitu banyak seperti bahasa program,jaringan, database yang begitu banyak apakah kita harus menguasai semuanya ? silahkan saja jika bisa, namun itu mendekati mustahil. Maka yang perlu dilakukan seorang mahasiswa IT adalah F.O.K.U.S.

Fokus dengan bidang yang dikuasai sehingga kelak akan bernilai jual atas bidang yang telah dikuasai tersebut. Proses berjalan tapi tetap fokus pada tujuan. Fokus bukan berarti tidak bermain dengan teman, terkurung terus dikamar, tidak mau ke masjid saat adzan (khusus muslim), tetapi bisa membagi waktu belajar, keluarga, kerjaan, teman. Sehingga ketika tiba saatnya ta’aruf dengan skripsi, tidak lagi kebingungan atau bahkan tidak tau. Teman-teman sudah ambil skripsi kita masih ambil hikmahnya saja.

Mengakhiri artikel ini, intinya adalah nikmati prosesnya jangan menyerah untuk menjadi yang terbaik dan bagaimanapun outputnya nanti jangan lupa untuk selalu bersyukur.

Sampai jumpa ditulisan berikutnya.

Share: