Info Gadget

Whatsapp Akan Punya Fitur Baru, Otentikasi Sidik Jari!

Siapa yang tidak mengenal aplikasi perpesanan yang dimiliki oleh Facebook ini. Awal mula rilis Februari 2009 dan menghadapi banyak cobaan lalu November 2009 mulai berkiprah di App Store, selanjutnya januari 2010 mulai mengembara di blackberry store dan disusul android pada bulan Agustus.

Banyaknya pengguna yang terus meningkat hingga per September 2015, pengguna aktif WhatsApp tercatat sebanyak 900 juta. Melihat masa depan yang baik atas whatsapp ini, sehingga di tahun 2014 Perusahaan Facebook datang meminangnya dan membayar 19 miliar dollar AS atau setara Rp 253,3 triliun. Setelah berganti bendera, facebook sendiri tidak banyak melakukan perubahan, tercatat di 2018 Pengguna Aktif Bulanan WhatsApp Tembus 1,5 Miliar.

Adapun perkembangan aplikasinya setelah WhatsApp merilis update WhatsApp for Android 2.19.3 untuk Beta Program di Google Play. Maka ditemukanlah fitur baru ini yaitu otentikasi sidik jari. Fitur keamanan sidik jari dilaporkan hanya akan digunakan untuk membuka kunci aplikasi WhatsApp dan tidak untuk apa pun di dalam aplikasi olahpesan.

Fitur tersebut masih belum tersedia karena masih dalam tahap pengembangan. Jika telah resmi rilis nanti, pengguna dapat menemukan fitur otentikasi sidik jari dengan membuka “Setting” – “Akun” – “Privasi”.

Di bagian bawah akan muncul sub-menu “Authentication”, yang bisa diaktifkan dengan mencentang kotak hijau di kanan. Setelah aktif, maka aplikasi WhatsApp sepenuhnya akan terlindungi karena untuk membukanya, baik dari aplikasi, maupun notifikasi dibutuhkan otentikasi sidik jari yang telah didaftarkan.

Dengan demikian, fitur otentikasi sidik jari ini akan meningkatkan privasi dan menambah lapisan keamanan bagi pengguna WhatsApp. Fitur ini juga rencananya akan hadir bagi pengguna iOS.

Share:

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *