AndroidTutorial

Emulator Android yang ringan untuk RAM minimum.

Kendala bagi mereka yang sedang belajar android studio adalah dengan menjalankan emulator untuk running aplikasi yang telah dicodingnya. RAM 4 GB, menjadikan penggunanya memeliki kesabaran yang tinggi saat menggunakan emulator bawaan dari Android Virtual Device. Dan itu adalah kenyataan yang saya alami (hehehe).

Tapi ujian kesabaran itu pun akhirnya terlewati dikarenakan dimana ada kesulitan pasti ada kemudahan (asyeeek). Dengan ada memuplay sekarang menjalankan aplikasi dengan emulator tersebut tidak membebankan kinerja laptop.

Kita bisa mendapatkan aplikasi memu langsung dari situs resminya, https://www.memuplay.com/ dan disana bisa memilih download versi installer online atau offline.

Saat proses instalasi kita akan dimintai membuat akun untuk google play, silahkan dibuat saja. Setelah itu apabila telah berhasil masuk di tampilan awal memu, maka kita perlu melakukan settingan di memu dengan mengubah menjadi mode mobile bukan tablet (yang lebar).

Koneksi android studio dengan memu adalah dengan coba menjalan running program, dan apabila telah konek maka akan muncul nama device di android studio, jika belum maka silahkan buka task manager, lalu cari adb32.exe yang sedang berjalan lalu matikan, selanjutnya restart/matikan kembali memunya lalu jalankan dan coba run dari android studio.

Selamat mencoba.

Share:

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *